Web Analytics
Virus Corona Bisa Menular Lewat Alat Makan? Ini Penjelasannya - Gamma-ic.com

Virus Corona Bisa Menular Lewat Alat Makan? Ini Penjelasannya

Virus Corona Bisa Menular Lewat Alat Makan? Ini Penjelasannya


Selain memakan korban, virus corona juga telah merubah tradisi makan di China, yaitu saat menyantap hotpot bersama menggunakan sumpit.
Hotpot merupakan makanan yang sangat populer di China. Bahkan menyantap hotpot sudah menjadi tradisi bagi masyarakat China. Menyantap hotpot dilakukan secara bersama-sama. Hanya ada satu hotpot di tengah-tengah, sementara orang-orang akan mengelilinginya untuk makan bersama.
Oleh karena itu masyarakat di China sering menyantap hotpot sebagai ajang bersosialisasi. Orang-orang dengan menggunakan sumpit akan mengambil makanan yang tersaji di hotpot untuk dimakan.
Namun, sayangnya tradisi makan hotpot seperti biasa untuk sementara tidak lagi dilakukan. Hal tersebut karena mengingat pada ketakutan masyarakat akan penularan virus corona.
Sebab, cara makan hotpot disebut memberi peluang untuk virus untuk menyebar luas. Selain adanya kontak langsung dengan sesama orang, memakan hotpot menggunakan sumpit bisa menjadi masalah.
Ketika makan hotpot, orang akan menggunakan satu sumpit yang digunakan untuk memebawa makanan ke dalam mulut, dan digunakan lagi untuk mengambil makanan yang ada di dalam hotpot.
Pemerintah di China juga telah mendorong untuk menggunakan alat makan khusus untuk mengambil makanan dari hotpot dan menggunakan alat lain untuk memasukkan makanan ke dalam mulut. Hal tersebut juga dikampanyekan oleh sebuah komunitas untuk membantu mencegah penyebaran virus corona.
Asumsi yang mendasari bahwa virus corona dapat menyebar melalui peralatan makan memang belum terbukti. Seperti halnya anggapan bahwa virus tersebut dapat ditularkan melalui makanan secara umum.
"Kami belum mengetahui adanya laporan tentang virus corona yang dapat ditularkan melalui makanan atau kemasan makanan," ujar juru bicara U.S. Food and Drug Administration.
Namun, meskipun tidak ada bukti ilmiah langsung yang mendukung hubungan antara makan bersama dan virus corona, beberapa ahli medis menyarankan bahwa berbagi hidangan dengan peralatan individu harus dihindari. Itu karena air liur pada peralatan makan bisa jadi perantara dalam penularan.
"Beberapa kuman dapat ditularkan melalui pembagian peralatan makanan," ungkap Tarik Jasarevic, juru bicara World Health Organization (WHO).
Lebih lanjut, Ronald St. John, mantan Direktur dari Public Health Agency di Kanada mengatakan bahwa virus corona dapat menular melalui air liur ke sumpit hingga akhirnya ke makanan umum, seperti hotpot. Namun. itu tergantung pada suhunya.
"Virus akan bertahan hidup untuk ditransfer ke orang berikutnya melalui sumpit mereka," ujar Ronald St. John.
Oleh karena itu, sejak 23 Februari lalu, pihak berwenang di China telah meluncurkan kampanye kesadaran publik yang mempromosikan penggunaan sumpit pada hotpot untuk mengurangi infeksi virus corona. Global Times melaporkan peraturan tersebut telah diikuti oleh seratus restoran dengan memasok peralatan saji untuk setiap hidangan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Virus Corona Bisa Menular Lewat Alat Makan? Ini Penjelasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel